Daerah Khusus Ibukota Jakarta

| komentar

Jakarta, (Daerah Khusus Ibukota Jakarta, DKI Jakarta, Jakarta Raya) adalah ibukota negara Indonesia. Jakarta merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang memiliki status setingkat provinsi. Jakarta terletak di bagian barat laut Pulau jawa. Dahulu pernah dikenal dengan nama Sunda Kelapa (sebelum 1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia/Batuia atau Jaccatra (1619-1942) dan Djakarta (1942-1972). Di dunia Internasional, jakarta juga mempunyai julukan seperti J-Town atau lebih populer lagi dengan The Big Durian karena dianggap kota yang sebanding dengan New York City (Big Apple) di Indonesia.


Jakarta memiliki luas sekitar 661,52 km² (lautan: 6.977,5 km²), dengan penduduk berjumlah 10.187.595 jiwa (2011). Wilayah Metropolitan Jakarta (Jabootabek) yang berpenduduk 28 juta jiwa, merupakan Kota Metropolitan terbesar di Asia Tenggara atau urutan kedua di dunia.


Sebagai pusat bisnis, politik dan kebudayaan, Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor-kantor pusat BUMN, perusahaan swasta dan perusahaan asing. Kota ini juga menjadi tempat kedudukan lembaga-lembaga pemerintah dan kantor sekretariat ASEAN. Jakarta dilayani oleh dua bandar udara, yakni Bandara Udara Soekarno-Hatta dan Bandara Udara Halim Perdanakusuma serta satu pelabuhan laut Tanjung Priok.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Anomali Jakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger