Rumah Si Pitung: Nun Jauh Di Utara Jakarta

| komentar

Banyaknya tempat-tempat bersejarah di Jakarta sebagai warisan budaya nenek moyang yang unik dan menarik, baik itu merupakan warisan sejarah murni maupun sejarah legenda atau sejarah yang tidak tercatat secara persis kapan, siapa dan dimana terjadinya peristiwa itu membuat kita semakin ingin mengetahuinya. Salah satu warisan budaya dan sekaligus merupakan objek wisata yang ada di Marunda, Cilincing Jakarta Utara adalah "Rumah Si Pitung". Di sana jalas terpampang papan peraturan Daerah Khusus Ibukota Jakarta No.9 tahun 1999 mengenai tentang bangunan tersebut telah ditetapkan sebagai Benda Cagar Budaya.

bangunan rumah panggung yang berdiri di lahan seluas 700 meter persegi ini menurut kisah turun temurun milik seorang pengusaha jaman itu bernama Haji Syafiudin, yang dipercaya oleh masyarakat setempat pernah dirampok oleh si Pitung, rumah si Pitung ini pun tidak berupa bangunan bergaya Betawi sebagai mana identiknya ikon si Pitung pendekar Betawi, melainkan bangunan rumah panggung ini bergaya arsitektur Bugis. Bangunan berbahan baku kayu ini berdiri diperkirakan pada awal abad-19 dan pernah direnovasi terakhir tahun 2010 terutama merenovasi bagian pondasi untuk melindungi dari sergapa pasang laut, karena bangunan ini letaknya hanya 50 meter dari pantai Laut Jawa.

Walaupun menurut penjelasannya bangunan rumah si Pitung ini diisi perabot gaya Betawi, namun perabot bukan benda asli peninggalan rumah si Pitung. namun anomali yang berkembang tentang keberadaan rumah si Pitung menjadi saksi sejarah bahwasannya keberadaan si Pitung sebagai tokoh Jawara Betawi yang ditakuti pemerintah Belanda waktu itu benar adanya. Seperti kisah si Pitung yang ditulis oleh Bpk Ridwan Saidi tahun 2009 ("Si Pitung, Perampok atau Pemberontak") yang terdapat di rumah tersebut.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Anomali Jakarta - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger